Rabu, 11 Maret 2015

Termometer Termokopel



Termometertermokopeldibuat berdasarkan pada:(1) adanyagayagerak listrik (ggl) Seebeck, (2) adanyagglPeltier, dan (3) adanyaggl Thomson padasambungan dualogam yangberbedajenisnya, serta (4)adanyaperubahan temperaturpadasambungan dualogam. Ini berarti termometertermokopel dibuat berdasarkan padahasil percobaanSeebeck, Peltier, dan Thomson.
Padatahun 1826 Thomas Johann Seebeck menemukan bahwaggl dapat ditimbulkan dengan cara-caratermal. Jikalogam A disambungkan dengan logam Bdan keduasambungan berbedatemperaturnya,maka akan timbulggl termal atauggl Seebeckyangdisebabkan karenaadanyakerapatanelektron bebas dalam logamyangberbedatemperaturnya.
Apabiladualogam A dan Byangberlainan jenisnyadisambungkan dan keduasambungan itu berbedatemperaturnya,maka elektron-elektronnyaberdifusi dari logam A kelogam Batau sebaliknya. Keduasambungan berfungsi sebagaisumberggl dan jika adaarus listrik dari logamyangsatu kelogam lainnya, maka adatenagayangdibebaskan ataudiabsorbsikan. Perpindahan tenagaini berbentuk aliran kalordi antarasambungan dan sekelilingnya. Kalor ini disebut kalorPeltier (Jean C.A. Peltier adalahpenemu kaloryangmengalirdi antaradua sambungan logamyang berbedajenisnyadan berlainan temperaturnyadanbeliau adalah seorangahliIlmu Alam bangsaPerancis).



Eksperimen menunjukkan, bahwakalorPeltieryangdipindahkan padasetiap sambungan berbandingdengan jumlah muatan listrikyangmelewati sambungan dan membalik arahnya apabila arus listrik jugamembalik arahnya. Jumlah tenagapanas (dalam joule)yang diabsorbsikan atau dibebaskan padasambungan logam-logam A danBperjumlah muatan listrik (dalam coulomb)yangdipindahkan disebutggl Peltier(πAB).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar