Rabu, 11 Maret 2015

Termometer Gas Tekanan Tetap dan Termometer Cairan



Termometer Gas Tekanan Tetap

Termometergas tekanantetap dibuat berdasarkanpadaperubahan volumegasyangberubah karenaadanyaperubahantemperatur. Padaprosesvolumetetap, kenaikan temperatur mengakibatkan tekanangas naik dan sebaliknyapenurunan temperatur akanmengakibatkan tekanangas menurun. Padaproses tekanan tetap,volumegasakan bertambah jikatemperatur gas naik dan sebaliknyavolumegasakan mengecil jikatemperaturgas turun. Jadi, pada termometergas tekanan tetap, thermometricproperty-nyaadalah volumegas (V)yang diwakili oleh panjangkolom air raksa.Ini berarti  V =V (T).
Dengan carayangsamaseperti di atas, dapat dituliskan persamaan berikut.



T =T1+{(V – V1)/ (V2V1)} (T2T1)             . . . ..      (2.7)
Dengan menggunakan persamaan 2.9 dapat ditentukan hargatemperatursembarangTkarena volumegas dalam bolaBdapat diukur,yaitu V.

Termometer Cairan
Termometercairan dibuat berdasarkan padaperubahan volumecairan karena adanya perubahan temperatur. Namun karenaluas penampangkolom cairan A dipandangtetap, maka perubahan volumecairandapat diwakili oleh perubahan tinggi kolom cairannya.Ini berarti ThermometricProperty-nyaadalah panjangatau tinggi kolom cairan,


Padadasarnya, temperaturuntuk termometercairan sepertigambar2.9, hargatemperaturnya diukurdengan perubahanvolume cairan dengan persamaan:
T =f (V)        . . . . .     (2.8)
Jikauntuk titik-titik tetap dengan temperaturT1dan T2volume cairan masing-masingV1dan
V2, makainterpolasi dan eksptrapolasi linierditentukan dengan persamaan
T =T1  +{(V – V1)/(V2V1)} (T2T1)         . . . . .     (2.9)
Selanjutnya, jika tandon cairan mempunyai volume V0  dan luas penampang tabung
halus adalah A, maka volume dapat dinyatakan dengan panjang tabung L di atas tandon cairan dengan persamaan-persamaan berikut:
V1 = V0 + AL1
V2 = V0 + AL2
V = V0 + AL

Dengan melakukan substitusi sederhanadapat diperoleh persamaan berikut.

T =T1+{(L– L1)/(L2L1)} (T2T1)     . . . ..                            (2.10)

Dengan menggunakan persamaan 2.10dapat ditentukan hargasembarangtemperaturT karenahargaLdapat diukur. Tegasnya, ukuran temperaturdapat dilaksanakan dengan mengukurpanjangkolom cairan di atas tandon cairan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar